Selasa, 24 Juni 2014

Lingkaran

Dalam geometri Euclid, lingkaran diartikan sebagai himpunan titik-titik dengan jarak tertentu (yang disebut sebagai jari-jari), dari suatu titik tertentu (yang disebut titik pusat).  Tentu saja, untuk siswa/i kelas 5 SD sudah belajar tentang rumus untuk menghitung keliling dan luas lingkaran.
Nah, sekedar untuk menyegarkan ingatan, berikut ini akan saya tuliskan lagi rumus untuk keliling dan luas lingkaran.



Keterangan:

L = Luas
K = Keliling
D = diameter
r = jari-jari

(pi) dalam pelajaran matematika di SD, biasanya langsung diasumsikan dengan nilai 22/7 atau 3,14.  Padahal kedua nilai tersebut hanyalah merupakan nilai pendekatan saja, karena sesungguhnya (pi) merupakan suatu bilangan irasional, dan sesungguhnya nilai (pi) sendiri merupakan perbandingan dari Keliling berbanding diameter lingkaran tersebut.  Atau dengan kata lain nilai (pi) sesungguhnya adalah sebagai berikut.
Selain rumus-rumus di atas, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya yang berkaitan dengan lingkaran, yaitu elemen-elemen lingkaran.  Supaya lebih jelas silahkan pelajari gambar berikut ini 


  1.  Titik Pusat, Titik pusat lingkaran adalah titik yang terletak di tengah-tengah lingkaran.
  2.  Jari-Jari (r), seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jari-jari lingkaran adalah garis dari titik pusat lingkaran ke lengkungan lingkaran.
  3.  Diameter (d), Diameter adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran dan melalui titik pusat.
  4. Busur, dalam lingkaran, busur lingkaran merupakan garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan tersebut.
  5. Tali Busur, tali busur lingkaran adalah garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Berbeda dengan diameter, tali busur tidak melalui titik pusat.
  6.  Tembereng, tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur.
  7. Juring, Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut.
  8. Apotema, pada sebuah lingkaran, apotema merupakan garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran tersebut. Garis yang dibentuk bersifat tegak lurus dengan tali busur.
Baiklah sekarang kita coba pemahaman kalian tentang lingkaran dengan soal-soal latihan berikut.
  1. Suatu lingkaran mempunyai diameter 14 cm, hitunglah keliling dan luas lingkaran tersebut!
  2. Diketahui luas suatu lingkaran adalh 616 cm persegi, hitung berapa jari-jari dan diameter lingkaran tersebut!
Semoga bermanfaat :)

Rujukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar