Kamis, 05 Juni 2014

Belajar Bahasa Inggris melalui Cerita/Dongeng Klasik

Untuk belajar bahasa Inggris yang baik tentunya harus memperhatikan 4 aspek berbahasa yang sudah menjadi pakem tolak ukur berbahasa Inggris, yaitu reading, listening, speaking, dan writing.

Membaca dan mendengarkan cerita dalam bahasa Inggris
akan sangat membantu perkembangan kemampuan berbahasa Inggris khususnya dalam aspek reading dan listening.  Sehingga kita akan mampu memiliki kepekaan pendengaran terhadap kata-kata yang phonic (mirip) dan mampu memiliki pronunciation kata-kata yang baik.

Dongeng klasik yang ditulis oleh Hans Christian Andersen semisal "The Emperor's New Clothes", "The Little Match Seller", atau "Thumbelina" adalah beberapa contoh kisah favorit saya.  Dan bagi saya pribadi kisah-kisah itu sangat membantu perkembangan kemampuan berbahasa Inggris saya. 

Apa yang saya maksudkan adalah, untuk belajar bahasa Inggris ada banyak cara yang dapat kita lakukan, dan kita bisa melakukannya dengan otodidak, asal kita mau... itu saja :).  Ya, paling tidak itu saya alami sendiri.  Saya tidak pernah mengikuti kursus secara khusus dalam belajar bahasa Inggris. Apa yang saya lakukan adalah dengan membaca cerita-cerita berbahasa Inggris, mendengarkan lagu-lagu baerbahasa Inggris, hingga menonton film berbahasa Inggris tanpa teks terjemahannya.  Dengan demikian, akhirnya saya "dipaksa" untuk mengerti apa yang tengah saya baca, saya dengar, atau saya tonton saat itu.  Dengan kata lain saya "dipaksa", secara tidak langsung, untuk belajar bahasa Inggris.

Nah, berkaitan dengan itu, dalam posting kali ini saya akan bagikan dongeng-dongeng klasik berbahasa Inggris dalam format mp3 dan pdf nya ,sehingga kalian dapat mendengarkan sekaligus membaca kisah yang sedang kalian dengarkan....(lengkap)

Selain itu saya juga postingkan soal-soal latihan Bahasa Inggris untuk kalian.

Silahkan diklik link downloadnya :) Semoga bermanfaat


ANDERSEN'S FAIRYTALES
DAEDALUS AND ICARUS
PANDORA'S BOX
UTS B.INGG SMT GENAP
UTS B.INGG SMT GANJIL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar